Pengumuman



Cara Pengoperasian CAT


ijinbelajar









Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini114
mod_vvisit_counterKemarin624
mod_vvisit_counterPekan Ini1905
mod_vvisit_counterPekan Terakhir3891
mod_vvisit_counterBulan Ini11291
mod_vvisit_counterBulan Terakhir12954
mod_vvisit_counterSemua1960271

Online (20 menit yg lalu): 7
IP Anda: 34.204.191.31
,
Hari ini: 22 Oktober 2019


Apabila Anda menerima SMS yang mengatasnamakan BKD Kab. Banjarnegara meminta data Tenaga Honorer, mohon jangan memberikan data apapun. SMS tersebut bukan dari BKD Banjarnegara, melainkan SMS PENIPUAN. Hati-hati...!!! Jadwal pelayanan mobil PT. Taspen (Persero) Cabang Purwokerto dapat dilihat disini.

SETIAP INSTANSI PEMERINTAH WAJIB MENYUSUN KEBUTUHAN DAN JENIS JABATAN PNS BERDASARKAN ANALISIS JABATAN DAN ANALISIS BEBAN KERJA

Surel Cetak PDF

Banjarnegara (bkd.banjarnegarakab.go.id) Berdasarkan pasal 56 ayat 1 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, disebutkan bahwa setiap instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan dan jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Banjarnegara yang diwakili oleh Sekretaris BKD, Latifa Hesti Purwaningtyas pada saat sambutan pada acara Sosialisasi Penyusunan Rencana Kebutuhan (Formasi) PNS Kabupaten Banjarnegara Tahun 2019 di Aula Sasana Karya Praja, Setda Kabupaten Banjarnegara pada Rabu (25/9).

Hesti menyampaikan ucapan selamat datang dan memberikan pengarahan umum kepada tamu undangan, mengenai kebutuhan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

"Rencana tahun ini (2019)  pengadaan pegawai ASN untuk memenuhi kebutuhan pegawai, terdiri dari 2 unsur yaitu dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)” jelas Hesti.

Harapan dari Sekretaris Badan setelah  mengikuti sosialisasi ini, pejabat yang membidangi kepegawaian di seluruh OPD dapat mengisikan data kelembagaan, proyeksi 5 tahun ke depan dan Peta Jabatan secara baik dan benar.

“Setelah mengikuti sosialisasi  ini, diharapakan pejabat yang mengurusi bidang kepegawaian di seluruh OPD dapat mengisikan data kelembagaan, proyeksi 5 tahun ke depan dan Peta Jabatan secara baik dan benar sehingga kedepannya didapatkan formasi yang valid dan mampu meningkatkan kinerja OPD masing-masing,” harap Hesti diakhir sambutannya.

Pada sesi presentasi pertama adalah mengenai Penyusunan Rencana Kebutuhan (Formasi) PNS Kab. Banjarnegara Tahun 2019 oleh Wiwi Dwi Catur A P., Kepala Bidang Pengembangan, BKD Kab. Banjarnegara.

Wiwi memaparkan beberapa hal penting diantaranya, (1) Reformasi Manajemen ASN, (2) Misi Perencaanan ASN, (3) Kriteria Penetapan Kebutuhan, (4) Grand Design Perencanaaan ASN, (5) Landasan Hukum, (6) Alur Penetapan Kebutuhan PNS, (7) Tantangan, (8) Evaluasi Peta Jabatan, (9) Prosedur Perencanaan ASN, (10) Usul Kebutuhan/Formasi, (11) Prosedur Penetapan Kebutuhan/ Formasi.

“Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kebutuhan/Formasi adalah yang pertama, Instansi wajib melaksanakan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK); Kedua, setiap PPK menetapkan Peta Jabatan dan disampaikan ke Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB); Ketiga, PPK mengangkat PNS dalam jabatan sesuai dengan Peta Jabatan; Keempat, PPK menetapkan kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan (setiap pegawai harus  memiliki beban kerja per tahun 1250 jam), dan yang terakhir yaitu kelima, PPK dapat mengusulkan kebutuhan berdasarkan jabatan yang kosong”, tutup Wiwi saat mengakhiri sesi presentasi pertama.

Acara sosialisasi ini juga dibarengi dengan presentasi menarik lainnya yang terkait yaitu mengenai, (1) Penjelasan Teknis E-Formasi yang disampaikan oleh Noviar Bagus, Kasi Data dan Formasi, BKD; (2) Paparan tentang Analisis Jabatan oleh Agustina Eka A D., Kasubag Kelembagaan, Bagian Organisasi, Setda; (3) Disiplin Pegawai dan Cuti oleh Kepala Bidang Pembinaan, BKD kemudian dilanjutkan materi tentang (4) Kenaikan Pangkat dan Pensiun PNS berbasis Paperless yang paparkan oleh Hermawan Wijaya, Kasi Kepangkatan dan Pengangkatan, BKD.

Peserta yang hadir berasal dari perwakilan seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, yang mengurusi bidang kepegawaian dengan jumlah sekitar 153 orang. Acara tersebut berlangsung lancar dan tertib hingga usai. (ew)

 

Foto: Edy Wibowo/BKD Kab. Banjarnegara

Editor: Kepala Bidang Pengembangan


 

Facebook BKD

Kegiatan